28 Maret 2013

Upacara Mangupa Haroan Boru atau Patobang Anak


                        

Upacara Mangupa Haroan Boru adalah salah satu            
                        serangkaian upacara adat dalam pesta perkawinan yang
                        bertujuan mengembalikan tondi ke badan. Upacara adat ini
                        berasal dari Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, yang
                        memiliki tata laksana spesifik dan fungsi nasihat untuk
                        pasangan pernikahan yang akan mengarungi
bahtera
                        kehidupan. 1. Asal-UsulUpacara Mangupa atau Upah-upah
                        merupakan salah satu upacara adat yang berasal dari
                        Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Upacara Mangupa
                        bertujuan untuk mengembalikan tondi ke badan dan memohon
                        berkah dari Tuhan Yang Maha Esa agar selalu selamat,
                        sehat, dan murah rezeki dalam kehidupan. Upaya memanggil
                        tondi ke badan dilakukan dengan cara menghidangkan
                        seperangkat bahan (perangkat pangupa) dan nasehat
                        pangupa (hata pangupa; hata upah-upah) yang disusun
                        secara sistematis dan dilakukan oleh berbagai pihak yang
                        terdiri dari orang tua, raja-raja, dan pihak-pihak adat
                        lainnya.Ada tiga kondisi di mana upacara Mangupa dapat
                        dilaksanakan, yaitu: (1) hasosorang ni daganak atau
                        kelahiran anak (2) haroan boru atau sering dikenal juga
                        sebagai patobang anak atau perkawinan anak laki-laki,
                        dan (3) marmasuk bagas na imbaru atau memasuki rumah
                        baru (Marakub Marpaung, 1969). Pada saat ini,
                        perkembangan tradisi Mangupa telah disesuaikan dengan
                        kebutuhan masyarakat Tapanuli Selatan sehingga terdapat
                        banyak jenis Mangupa, misalnya Mangupa memasuki rumah
                        baru (marbongkot bagas).Wilayah Kabupaten Tapanuli
                        Selatan pada saat ini terdiri dari 12 Kecamatan dengan
                        total luas wilayah 4502,26 km2. Secara administratif,
                        Kabupaten Tapanuli Selatan mempunyai batas-batas sebagai
                        berikut: di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten
                        Tapanuli Utara dan Kabupaten Tapanuli Tengah; di Sebelah
                        Selatan berbatasan dengan Kabupaten Mandailing Natal; di
                        sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Labuhan Batu
                        dan Kabupaten Padang Lawas Utara; dan di sebelah Barat
                        berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah dan Samudera
                        Indonesia (http://www.tapselkab.go.id).2. Waktu dan
                        Tempat PelaksanaanMangupa Patobang Anak atau Haroan Boru
                        dilaksanakan sebelum tengah hari di rumah atau tempat
                        pelaksanaan acara adat pernikahan (horja).3. Pemimpin
                        dan PesertaUpacara Mangupa Haroan Boru biasanya dipimpin
                        langsung oleh Raja Panusunan Bulung, yaitu seseorang
                        yang diangkat sebagai pemimpin adat di lingkungan yang
                        sedang mengadakan horja. Raja Panusunan Bulung memegang
                        tampuk adat dalam upacara adat (Marakub, 1969) dan
                        merupakan raja adat yang dianggap ahli tentang
                        adat-istiadat (L.S. Diapari, 1990).Raja Panusuan Bulung
                        bertindak sebagai pemimpin yang merangkum semua hata
                        pangupa dan membacakan Surat Tumbago Holing. Surat
                        Tumbaga Holing adalah ayat-ayat atau kalimat-kalimat
                        yang berisi ajaran tentang kebenaran, kebaikan, dan
                        estetika. Raja Panusunan Bulung menerjemahkan semua
                        perangkat pangupa dan esensi dari nasehat, harapan, dan
                        doa dari berbagai pihak yang sudah memberikan hata
                        pangupa berdasarkan nilai-nilai dalam Surat Tumbago
                        Holing.Peserta utama upacara Mangupa Haroan Boru adalah
                        pengantin laki-laki dan perempuan. Selain mempelai,
                        upacara Mangupa Haroan Boru harus memenuhi struktur adat
                        dalam Tapanuli Selatan, yaitu Dalihan na Tolu (Tungku
                        yang Tiga). Tanpa disertai kehadiran Dalihan na Tolu,
                        maka Upacara Mangupa tidak bisa dilaksanakan karena
                        struktur adat tidak terpenuhi. Ketiga unsur Dalihan Na
                        Tolu itu adalah kahanggi, anak boru, dan mora. Diapari
                        (1990) dalam buku Adat Istiadat Perkawinan Dalam
                        Masyarakat Batak Tapanuli Selatan memberikan batasan
                        terhadap ketiga unsur adat tersebut sebagai
                          berikut.Kahanggi, yaitu pihak atau kelompok keluarga
                          yang semarga. Di Toba, pihak ini disebut sebagai
                          Dongan Tubu atau Dongan Sabutuha.Anak Boru, yaitu
                          pihak atau kelompok yang mengambil istri dari pihak
                          yang pertama. Pihak ini di Toba disebut sebagai
                          Boru.Mora, yaitu pihak yang memberikan istri kepada
                          pihak pertama. Pihak ini di Toba Hula-Hula.Upacara
                        Mangupa sebaiknya juga memenuhi unsur adat lainnya yang
                        mencakup Pisang Rahut, Hatobangon, Raja Pamusuk, Raja
                        Tording Balok, Raja Panusunan Bulung dan ulama (pemuka
                        agama). Pisang Rahut tergolong dalam kelompok anak boru,
                        yaitu anak boru dari anak boru suhut. Hatobangon,
                        menurut Diapari (1990), adalah wakil-wakil dari tiap
                        marga yang bertempat tinggal di kampung yang mengadakan
                        horja. Raja Pamusuk dapat disamakan sebagai ketua
                        kampung pelaksanaan upacara Mangupa (Marakub, 1969).
                        Raja Tording Balok adalah raja-raja yang berasal dari
                        kampung-kampung yang berdekatan dengan kampung yang
                        sedang menyelenggarakan upacara adat. Di perantauan,
                        Raja Tording Balok juga bisa menjadi Raja Panusunan
                        Bulung dalam setiap paguyuban-paguyuban yang ada
                        (Persadaan Marga Harahap Dohot Boruna, 1993).4.
                        Peralatan dan BahanUpacara Mangupa menyajikan perangkat
                        makanan yang diletakkan di atas tampi (niru) dan dialasi
                        oleh bagian ujung daun pisang sebanyak tiga helai. Jenis
                        bahan makanan yang digunakan di dalam Mangupa menentukan
                        besar-kecilnya pesta adat (horja). Makanan yang diolah
                        dari hewan yang disajikan dalam perangkat tersebut
                        menandakan tingkatan besar-kecilnya Mangupa yang sedang
                        dilaksanakan. Ada empat jenis bahan dan hewan penting di
                        dalam upacara Mangupa, yaitu:pira manuk na nihobolan
                          (telur ayam),manuk (ayam),hambeng (kambing),horbo
                          (kerbau), dalam pembicaraan adat dijuluki na bontar
                          (yang putih) (Persadaan Marga Harahap Dohot Boruna,
                          1993).Tingkatan Mangupa dalam pesta adat kecil dan
                        mendasar paling sedikit harus memenuhi bahan penting
                        sebutir telur ayam, tingkat kedua harus mengandung ayam,
                        tingkatan ketiga harus mengandung kambing, dan tingkatan
                        tertinggi harus mengandung kerbau. Setiap tingkatan
                        Mangupa yang lebih tinggi harus mengandung unsur bahan
                        dan hewan yang ada dalam tingkatan yang lebih rendah.
                        Misalnya, untuk tingkatan Mangupa tertinggi, yang
                        menggunakan hewan penting berupa kerbau, hidangan
                        pangupa itu juga harus menyajikan kambing, ayam, dan
                        telur. Hewan-hewan penting tersebut tentu saja harus
                        dipadukan dengan berbagai hidangan dan perangkat pangupa
                        yang lain.Perangkat Pangupa dengan hewan kerbau adalah
                        sebagai berikut:alas paling bawah adalah anduri
                          (tampi)di atas anduri (tampi) ada tiga helai bulung
                          ujung (daun pisang bagian ujung)di atas bulung ujung
                          ditaruh indahan sibonang manita (nasi putih yang
                          disebut siribu-ribu)di atas indahan sibonang wanita
                          diletakkan ikan-ikan kecil dari tujuh sungai, biasanya
                          haporas dan incordi kiri dan kanan, di atas nasi
                          diletakkan masing-masing seekor ikandi bagian belakang
                          ditaruh parmiakan ni manuk (bagian punggung ayam)di
                          bagian kiri dan kanan dalam diletakkan paha kerbaudi
                          samping paha kerbau diletakkan dua paha ayamdi depan
                          paha kerbau dan paha ayam diletakkan tiga pira manuk
                          na dihobolan (telur ayam yang masak dan sudah
                          dikupas), yang dibubuhi garam di tengahnyabagian
                          paling depan adalah kepala kerbau, mata, telinga,
                          bibir dan dagunyasemua pangupa ditutupi dengan sehelai
                          bulung ujung (daun pisang ujung)paling atas adalah
                          sehelai kain adat, abit godang (selimut adat)5. Tata
                        LaksanaA. PersiapanTahap awal adalah pengaturan posisi
                        duduk setiap hadirin selama upacara Mangupa berlangsung.
                        (Persadaan Marga Harahap Dohot Boruna, 1993) menjelaskan
                        tempat duduk tiap-tiap para pelaksana upacara Mangupa 
                        sebagai berikut.Sebelah kanan duduk bayo pangoli
                        (pengantin laki-laki) yang didampingi sebelah kanannya
                        oleh kahangginya yang ikut ke tapian raya bangunan. Di
                        sebelah kiri duduk pula Boru na dioli (pengantin
                        perempuan) didampingi oleh anak boru mereka semua di
                        talaga (arah ke pintu masuk) tampak duduk semua suhut
                        laki-laki dan perempuan, anak boru, pisang raut,
                        harajaon, dan hatobangon. Pakaian adat yang dikenakan
                        pengantin ke tapian raya bangunan tetap dipakai.Setelah
                        semua hadir di ruangan sidang adat dan duduk sesuai
                        dengan aturan, perangkat pangupa dibawa masuk ke dalam
                        ruang sidang adat. Orang Kaya yang bertugas sebagai
                        pembawa acara memperdengarkan ungkapan-ungkapan yang
                        berisi harapan-harapan. Bagian selanjutnya memaparkan
                        tata laksana Upacara Mangupa mulai dari Pembukaan hata
                        pangupa oleh Orang Kaya sampai kepada hata pangupa
                        jawaban dari pengantin.b. Pelaksanaan1) Pembukaan oleh
                        Orang KayaPerangkat Pangupa diletakkan oleh Orang Kaya
                        di hadapan kedua pengantin. Di sebelah kiri dan kanan
                        perangkat pangupa diletakkan masing-masing satu piring
                        pangupa lain yang isinya adalah ikan dan daging ayam.
                        Satu piring diletakkan di hadapan kelompok kahanggi  dan
                        piring yang lain di hadapan anak boru. Orang Kaya 
                        membuka acara dengan sambutan seperti berikut ini
                        (Persadaan, 1993).Jagit bo tulang burangir on, jagit bo
                        nantulang burangir sirara unduk sibontar adop-adop.
                        Sataon so ra buruk, sabulan so ra malos. “Sumurdu
                        burangirnami di hamu, di hananaek ni mata ni ari on,
                        anso manaek ma tua, hamomora, hahorasan dohot hagabean
                        di hamu na niadopkon ni pangupa on. Nadung lolot do on
                        tarniat di andora ni suhut sihabolonan. Jadi na
                        palaluhon ma sadarion niat ni roha nadung lolot
                        tarsimpan di bagasan sitamunang ni morangkon. Hara ni
                        godang ni roha i, nipasu baga-baga on.Jadi onpe patotor
                        hamu ma sanga songon dia na tumbuk mangihutkon partamana
                        di bagasan adat i. Laho paboahon sinta-sinta dohot haul
                        ni roha adop Tuhanta Na Uli Basa i. Anso denggan
                        mardalan karejonta on, jana anso saut dohot tulus na
                        niparsinta ni rohanta i. Jadi sannari kehe ma tu suhut
                        sihabolonan.Artinya:Terimalah Tulang (mamak pengantin
                        laki-laki) sirih ini, terimalah nantulang (isteri mamak,
                        pengantin laki-laki) sirih ini, sirih yang merah bagian
                        belakang dan putih bagian depan. Setahun tidak akan
                        busuk, sebulan tidak akan layu. Kami persembahkan sirih
                        kami kepada kamu, ketika matahari mulai naik, agar naik
                        pula tuah, derajad, kesehatan dan kejayaan kepada kamu
                        berdua yang sedang disajikan pangupa ini. Sudah lama
                        terniat bagi suhut sihabolonan (orang tua laki-laki dan
                        kahangginya). Jadi dilaksanakanlah hari ini niat yang
                        sudah lama tersimpan di dalam hati mora  saya ini.
                        Karena kami sangat berbahagia, maka dilaksanakanlah
                        upacara yang mengandung harapan ini.Jadi dalam hal ini
                        sampaikanlah apa yang tepat menurut adat. Kemudian
                        sampaikanlah angan-angan kamu selama ini dan niat dalam
                        hati kepada Tuhan kita, yang Mahakuasa dan Maha
                        Penyayang itu agar berjalan lancar acara kita ini dan
                        terlaksana apa yang kita inginkan. Sekarang giliran
                        suhut sihabolanan  menyampaikan hata pangupa.Orang Kaya
                        kemudian melanjutkan Mangupa dengan mempersilakan
                        berbagai pihak untuk menyampaikan hata pangupa. Orang
                        Kaya harus mendahulukan pihak ibu-ibu menyampaikan hata
                        pangupa. Kelompok ibu-ibu yang menyampaikan hata pangupa
                        adalah suhut, kahanggi, anak boru, dan pisang rahut.2)
                        Hata Pangupa dari Suhut Sihabolanan, Kahanggi, Anak
                        Boru, dan Pisang Rahut dari Pihak Ibu-ibuSuhut
                        Sihabolanan (tuan rumah yang punya hajat) yang pertama
                        menyampaikan hata pangupa adalah ibu kandung pengantin
                        laki-laki. Dia menguraikan maksud pertemuan adat ini dan
                        maksud pangupa agar semua yang hadir secara resmi
                        mengetahui. Dia menyampaikan hata pangupa penuh keharuan
                        dan biasanya sambil menangis menangis karena bahagia.
                        Kemudian giliran hata pangupa kepada kahanggi, anak boru
                        dan pisang rahut diberikan kepada kelompok barisan atau
                        kelompok ibu-ibu. Contoh isi hata pangupa dari kahanggi
                        pihak ibu-ibu biasanya sama dengan isi hata pangupa dari
                        suhut (ibu pengantin laki-laki) di atas.3) Hata Pangupa
                        dari Suhut Sihabolanan, Kahanggi dan Anak Boru, dan
                        Hatobangon dari Pihak Bapak-BapakGiliran pertama dari
                        kelompok Bapak-Bapak adalah Suhut Sihabolonan, yaitu
                        tuan rumah, dalam hal ini ayah dari pengantin laki-laki.
                        Setelah itu, Orang Kaya kemudian akan mempersilahkan
                        kahanggi untuk memberikan hata pangupa. Isi hata pangupa
                        dari kahanggi umumnya sama dengan isi hata pangupa dari
                        Suhut. Setelah kahanggi memberikan hata pangupa,
                        kemudian tiba giliran anak boru dan hatobangon dari
                        pihak bapak-bapak untuk memberikan hata pangupa, yang
                        isinya pada umumnya sama dengan isi hata pangupa dari
                        anak boru pihak ibu-ibu yang telah dipaparkan di bagian
                        sebelumnya.4) Hata Pangupa dari HarajaonHarajaon
                        menyampaikan hata pangupa setelah hatobangon
                        menyampaikan hata pangupa. Kelompok Harajaon ini terdiri
                        dari Raja Tording Balok, Raja Pamusuk dan Raja Panusunan
                        Bulung. Hata Pangupa disampaikan oleh Raja Panasunan
                        Bulung yang akan berbicara dengan tegas untuk
                        menyimpulkan hata pangupa yang telah disampaikan
                        sebelumnya. Persadaan Marga Harahap Dohot Boruna (1993)
                        menyebutkan, “Raja Panusunan Bulung menyimpulkon songon
                        tali, mambobok songon soban, sude hata pangupa” yang
                        artinya “Raja Panasunan menyimpulkan seperti tali,
                        mengikat seperti kayu api semua kata pangupa”. Contoh
                        hata pangupa Raja Panusunan Bulung adalah sebagai
                        berikut.“Sattabi sappulu di anak ni raja-raja dohot
                        namora-mora na ro sian jae dohot sian julu jana tarimo
                        kasi disuhut sihabolonan sahat tu pisangrahutna. Dison
                        ma na pasahat dohot na putuluskon baga-baga sitamunang
                        di bagasan roha, anso ulang i songon singotngot di
                        bagasan ipon tungkol di bagasaan ngadol.On ma i arina
                        hape, ari na martua marsahala manurut datu parhala na
                        pasampe sigodang ni roha taradop anak dohot parumaen.
                        Sai marsangap ma hamu jana martua, panjang umur mura
                        pancarian....On pe madung songon imbo di  dolok,
                        sarudung di parsiraisan madung sahata sapangondok, roha
                        pe madung marsijagitan.On pe horas ma tondi madingin
                        sayur matua bulung, pir tondi matogu on tu ginjang ni
                        ari, boti ma jolo …”Artinya:“Sembah sepuluh kali kepada
                        anak Raja dan juga para bangsawan yang berasal dari
                        hilir dan hulu, begitu pula ucapan terima kasih kepada
                        suhut sihabolonan sampai kepada pisang rautnya. Dalam
                        hal ini, pada saat ini kita adalah melepas hajat dan
                        niat yang sudah lama terpendam dalam hati agar jangan
                        menjadi beban dalam sanubari....Ini semua kata-kata adat
                        mufakat nenek moyang kita dahulu, pada hari ini
                        dititipkan ke dalam tubuh kamu berdua.Ini pun sudah
                        seperti siamang di bukit ikan kecil di tangguk sudah
                        pula semufakat, hati mereka juga saling menerima. Ini
                        pun selamat tondi  yang sejuk selamat sampai keakhir
                        zaman, kuatlah tondi dari sekarang sampai masa yang akan
                        datang. Sekian...”Orang Kaya yang bertindak sebagai
                        pembawa acara kemudian akan mempersilakan seorang
                        harajoan (pemuka adat) yang mahir membaca tamsil
                        perangkat pangupa. Pemuka adat ini bertugas menyampaikan
                        makna pangupa yang dimisalkan sebagai Surat Tumbaga
                        Holing. Pada tahap ini, upacara Mangupa memasuki esensi
                        dari doa yang sesungguhnya, yaitu memanggil tondi ke
                        badan melalui pemaknaan mendalam terhadap hidangan
                        pangupa dan doa atau mantera tertentu yang biasanya
                        sudah baku. Salah satu contoh proses pemanggilan tondi
                        ke badan melalui pembacaan Surat Tumabaga Holing
                        Perangkat pangupa bisa dibaca dari seperti berikut ini
                        (Diapari, 1990).Antong amang bope hamu inang, baen
                        madung dipasu-pasu hatobangon dohot harajaon hamu,
                        marbanjar mada tondimuyu mangadopi pangupa simangadang
                        tua na godang on jana bege ma tondimuyu disise pangupa
                        on.Baen madung diungkap pangupa na nitutup ni abit
                        hagodangan i, abit sijugat-jagit na nitonun
                        manghuntak-tak nianikkon manguntek-tek, tapangido ma di
                        Tuhanta Naulibasa i mungkap ma hamomora, hatotorkis ana
                        hadidingin di hamu.Taparyak di jolomuyu piramanuk na
                        nihobolan na nilompa ni orang tua, dia ma i na nidokna,
                        sai gomgom marsigomgoman ma tondimuyu nadua sampai hamu
                        matua. Dibaen do i tolubangkiang, na gorsing di bagasan
                        na bontar di balian, na paboahan mada on na sahata
                        saoloan do dalihan natolu laho pasahatkon pangupa on tu
                        hamu. Sai dijagit tondi dohot badanmuyu ma sinta-sinta
                        dohot pangidoan ni rohanami on.Di tonga ni piramanuk na
                        nihobolan i di baen do i sira na ancim pandaian, dia ma
                        i na nidokna, sai mura ma rasoki dohot pancarianDuri ni
                        pangkat ma i tu duri ni hotang Tu dia hamu mangalakka
                        sai dapot-dapotanNisuak barse-barse di toru ni lambak
                        piningMarringgit maruse-use marmanuk habangan
                        ding-dingTibal muse do disi ihan sayur, ibo rohana, sai
                        sayur matua bulung ma hamu na niadopkon pangupa on.
                        Laing ihan sahat mada i anso sahat mamora jana magabe,
                        laing ihan simundur-undur do i na mangundurkon anak
                        mengundurkon boru laho mangingani bagas na martua
                        on.Taratak tarhidang muse do dison horbo simaradang tua,
                        namamolus ombun manyap, dompak menek maroban tua dung
                        godang maroban sangap.Ia horbo on na nioban sian luat
                        Padangbolak,Na manjampal di padang na lomak,Marsobur di
                        sosopan na so marlinta,Di galanggang na so
                        marrongitDibaen on sannari gabe upa-upa ni tondi,
                        upa-upa ni badan muyu.Dipatibal do tulan rincan sian
                        siamun,Tulan rincan sian siambirang,Na sian siamun
                        bagian ni suhut sihabolonan,Sian siambirang bagian ni
                        anakboru.Songon i huling-kuling dohot bobak na
                        nisale,Malo-malo hamu mangkuling harana tua ni halak do
                        na maroban dame.Horbo saeto tanduk boti mangasa
                        gogo,Malo hamu marbisuk songon i marpangalaho,Dison dua
                        mata na tiur panaili marnida borngin dohot arian,Tutur
                        hamu marpangarohai, rama markoum malo mardongan.Songon i
                        dila ni horbo, anso malo-malo hamu martutur
                        poda,Mangalehen hata na denggan tu halak na bahat,
                        songon i pinggol Ni horbo anso tangi-tangi di siluluton
                        inte di siriaon.Sudena on payak di ginjang ni indahan,
                        ima indahan sibonang manita, nada dope dipangan madung
                        binoto daina, tanda godang ni roha ni ama-ina di
                        parjolianmuyu on. Indahan na nidippu mada i, na
                        marsintahon anso dippu hamomora di hamu na niadopkon
                        pangupa on, laing on mai indahan ribu-ribu anso hombang
                        ratus hombang ribu pancarian dohot pancamotanmuyu.Ia
                        pangupa on payak di ginjang ni bulung ujung, sai ibo
                        rohana ni Tuhanta sai marujung tu na dengganna ma sude
                        na hita parsintahon di karenjonta na sadari on.Ia
                        pangupa on dipayakkon do di ginjang ni anduri na bidang
                        rapakna, dia ma i na nidokna, lainganduri on mada
                        dalanta hiap-hiap tu jolo ni Tuhanta Naulibasa i anso
                        dipasaut-dipasaut jana dipatulussa sude na tarsinta
                        sadari on. Di bagasan ni i laing on ma mangajari hita,
                        anso taboto maradat, maruhum dohot marugari tu hula
                        dongan, hatobangon dohot harajaon tarlobi tu mora.Laing
                        mangindo hita tu Tuhanta Naulibasa i, sai dipasu-pasu ia
                        ma hamu : Tubuan laklak ma na so tubuan lak-lak, tubuan
                        singkoru naso tubuan singkoru, laklak ma i di ginjang ni
                        pintu singkoru digolom-golom, sai maranak ma sapulu pitu
                        jana marboru sappulu onom, anggo dung mardakka
                        abaramuyu, margosta-gosta margiringgiring, maroppa-oppa
                        mangiring-iring, lobi dope sian on nangkan baenon tanda
                        godang ni roha ni ama dohot ina di pahompu nangkan na
                        ro.Antong, bariba tor ma i bariba rura, aek mardomu tu
                        muara, totor iba di adatniba, i do tanda ni anak ni
                        namora. Malo-malo hamu marhula dongan songon i marhula
                        marga, inda adong arti ni sinadongan, anggo na so malo
                        iba martutur poda. On sude hata ni adat, padan ni
                        oppunta na dung lalu, di ari na sadarion hami pasahat tu
                        badan simanaremuyu. On pe hehe hamu jolo pangupa jolo
                        pangupa i, kata pembaca pangupa dan beberapa orang
                        mengangkat pangupa itu ke atas setinggi kepala kedua
                        mempelai seraya pembaca pangupa berkata “manaek ma
                        hamamora, hatotorkis jana hadidingin di hamu na niupa
                        on.(Perangkat pangupa disuruh angkat setinggi kepala
                        kedua pengantin).Dipahot ma pangupa, hot ma hamamora,
                        hatotorkis jana hadidingin di hamu na niupa on. On pe
                        nada adong be nahurang, madung hot di padanna, cocok
                        dohot suringna, horas tondi madingin sayur matua bulung,
                        pir tondi matogu sian on tu ginjang ni ari, na 1, 2, 3,
                        4, 5, 6 dohot 7, pitun sundut hamu suada mara, pitun
                        sundut tong magabe. Horaskon bo
                        orangkaya….horas…..horas…horas.Terjemahan makna doa dan
                        nasehat di atas adalah sebagai berikut.Ananda berdua
                        (kedua pengantin), karena kalian berdua sudah didoakan
                        oleh hatobangon dengan harajaon, maka siap dan kuat
                        tondi ananda berdua menghadapi pangupa yang membawa tuah
                        ini. Kemudian saya harapkan agar tondi kamu berdua siap
                        mendengarkannya saya akan membacakannya.Pangupa yang
                        ditutup dengan kain adat kebesaran sudah dibuka. Kain
                        adat ini ditenun tak-tak tek-tek. Kita berdoa kepada
                        Tuhan agar terbukalah hidup yang senang, sehat dan sejuk
                        bagi kamu berdua.Terletak di hadapan kamu telur ayam
                        yang bulat yang direbus orang tuamu. Apakah itu
                        maknanya? Semoga saling menggenggam tondi kamu berdua
                        sampai hari tua. Telur itu tiga buah, kuning di dalam
                        dan putih di luar. Maksudnya sudah seia sekata dalihan
                        na tolu melaksanakan upacara mangupa kepada kalian
                        berdua. Semoga diterima tondi dan badan kamu berdua
                        hajat dan permintaan kami ini.Ditengah-tengah telur ayam
                        diletakkan garam yang rasanya asin. Apa pula maknanya?
                        Semoga murah rezeki dan mudah pencaharian.Duri pangkat
                        itulah duri rotan    Kemana kamu pergi selalu kamu
                        mendapatDirobek barse-barse di bawah pelepah
                        pinangRinggit tumpah ruah, ayam berterbangan di
                        dinding.Di situ terletak pula ikan sayur, semoga Tuhan
                        memberikan hidup sejahtera kepada kamu yang sedang
                        diupa-upa. Mudah-mudahan kamu berdua hidup berbahagia
                        dan kaya raya. Diharapkan kamu juga mendapatkan anak
                        laki-laki dan anak perempuan menempati rumah yang
                        bertuah ini.Terhidang rapi pula di atasnya kerbau yang
                        menjelang tua, lewat di embun pagi, ketika kecil membawa
                        tuah, sesudah besar membawa kharisma.Kerbau ini dibawa
                        dari Padangbolak, mencari makan di padang rumput, yang 
                        subur berendam di lubuk yang tidak berlintah di
                        gelanggang yang tak bernyamuk, dibuat jadi pangupa
                        tondi, upa-upa badan kamu berdua.Diletakkan pula daging
                        empuk disebelah kanan dan kiri. Sebelah kanan bagian
                        suhut, sebelah kiri bagian anak boru.Begitu juga jangat
                        dan kulit kerbau maksudnya agar kamu bijaksana
                        berbicara. Karena tuah manusia membawa damai.Kerbau
                        sehasta tanduk lagi pula tenaganya kuatPandai kamu
                        berprilaku begitu juga bertata kramaDisini ada dua mata
                        yang terang melihat malam dan siangPandai bertenggang
                        rasa, ramah berfamili akrab bertemanDi dalamnya ada
                        lidah kerbau, maksudnya agar kamu pandai bersopan
                        santun.Diatasnya ada telinga kerbau maksudnya supaya
                        tanggap kita terhadap hal masyarakat baik kemalangan
                        maupun berita kebahagiaana.Semua bahan pangupa
                        diletakkan di atas nasi. Nasi sibonang manita, belum
                        lagi dimakan sudah tahu rasanya, sebagai tanda rasa
                        bahagia kedua orang tuamu atas pernikahan kamu
                        ini.Tamsil nasi ini juga adalah agar kedua pengantin
                        mendapatkan kekayaan dan kebahagiaan.Pangupa diletakkan
                        di atas daun pisang bagian ujung. Maknanya addalah kita
                        berharap agar Tuhan memberikan berkah kepada kedua
                        pengantin agar semua yang dihajat dan dikerjakan selalu
                        selesai dengan sempurna.Pangupa ini juga diletakkan di
                        atas tampi. Maknanya kita semua berdoa kepada Tuhan yang
                        Mahakuasa agar apa yang dicita-citakan hari ini dan masa
                        yang akan datang selesai dengan sempurna. Lebarnya tampi
                        ini memberikan tamsil pendidikan kepada kedua pengantin
                        agar mereka mempertahankan adat, kebiasaan,
                        aturan-aturan dalam masyarakat. Pandai menjaga hubungan
                        yang baik kepada unsur dalihan na tolu.Kita selalu
                        mendo’akan kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, agar kamu
                        diberkati-Nya mendapat keturunan anak laki-laki dan anak
                        perempuan. Kalau diizinkan beranak laki-laki tujuh belas
                        orang dan anak perempuan enam belas orang. Sekiranya
                        anak kamu berdua sudah banyak kami akan membuat acara
                        yang lebih meriah kepada kamu dan cucu kami
                        kelak.Dengarkanlah, amalkanlah adat istiadat, itulah
                        tanda anak yang dihormati. Pandai bermasyarakat, tidak
                        ada gunanya harta kalau tidak pandai bergaul. Ini semua
                        kata-kata adat pesan leluhur kita, hari ini kami
                        titipkan kepada kamu berdua.(Perangkat pangupa disuruh
                        angkat setinggi kepala kedua pengantin)Datanglah
                        kebahagiaan, kesehatan, kesejukan hati kepada kamu
                        berdua.Setelah diberikan aba-aba dengan hitungan satu
                        sampai tujuh, pembaca pangupa mengucapkan kata :
                        horas-horas. (selamat, selamat, selamat).c. Penutup,
                        Pengantin Mencicipi Hidangan Pangupa dan Memberikan Hata
                        PangupaTahap berikutnya dari acara Mangupa adalah kedua
                        pengantin mencicipi hidangan pangupa itu. Ketika
                        mencicipi makanan atau hidangan pangupa tersebut, si
                        pengantin harus memakan telur yang ada mulai dari putih
                        telur dan bagian kuning telurnya, setelah itu
                        dilanjutkan dengan mengambil sedikit garam dan
                        nasi.Akhir dari upacara Mangupa ditutup dengan kata
                        jawaban dari sepasang pengantin. Setelah kedua pengantin
                        mencicipi hidangan pangupa, mereka dipersilakan
                        menyampaikan kata-kata jawaban dari hata pangupa dari
                        berbagai kalangan di atas. Isi jawaban sambutan mereka
                        umumnya adalah ucapan terima kasih kepada para hadirin
                        yang telah bersusah payah melaksanakan upacara adat yang
                        sangat megah dan sakral itu.6. Doa atau ManteraDoa atau
                        mantera pada upacara adat Mangupa Haroan Boru ini
                        terletak pada bagian hata pangupa oleh Raja Adat yang
                        membacakan Surat Tumbaga Holing di atas.7.
                        Nilai-NilaiAda banyak nilai yang terkandung di dalam
                        upacara Mangupa. Selain fungsi paulak tondi tu badan
                        (memanggil tondi ke badan), upacara Mangupa juga
                        memiliki fungsi nasehat, doa, dan harapan. Setiap hata
                        upa-upa yang disampaikan oleh fungsionaris masyarakat
                        adat pada saat pelaksanaan acara Mangupa Haroan Boru
                        atau Patobang Anak berisi nilai-nilai tersebut. Berikut
                        ini adalah pemaparan setiap nilai dari upacara
                        Mangupa.a. Nilai Kerukunan Berumah TanggaNilai menjaga
                        kerukunan berumah tangga dikandung oleh nasihat-nasihat
                        yang terkandung di dalam hata pangupa. Petikan nasihat
                        yang menekankan pentingnya menjaga kerukunan berumah
                        tangga tercermin juga pada pembacaan Surat Tumbaga
                        Holing yang dibacakan oleh Raja Adat.b. Nilai
                        SpiritualHarapan dan doa agar kedua pengantin
                        mendapatkan rumah tangga yang langgeng dan memperoleh
                        keturunan anak yang baik-baik. Fungsionaris adat juga
                        mengharapkan dan mendoakan agar rumah tangga yang akan
                        dibina oleh kedua pengantin selalu diberkahi oleh Tuhan.
                        Kesatuan unsur harapan dan doa merupakan fungsi penting
                        dalam pelaksanaan upacara Mangupa ini.c. Nilai
                        SosialPetuah dan nasihat itu umumnya merupakan petunjuk
                        hidup bermasyarakat. Elfitriana Kaspy Lubis (1988)
                        membuat contohnya seperti di bawah ini.Pature na di ruar
                        ni bagas/Malo mamasukkon diri tu koum kahanggi/Angkon
                        diramban halak dohot/Tale, anso manjagit na denggan
                        iba//Tarpayak di bulung ujung/Di anduri na marbingke
                        maldo/Tardok pangalaho madung marujung/On pe mulai sian
                        sonnari malo hamu marpangalaho//Horbo saeto tanduk/Boti
                        mangasa gogo/Malo hamu marbisuk/Songon i
                        marpangalaho//Artinya lebih kurang adalah sebagai
                        berikut.Bina masyarakatmu/pandai memasukkan diri dengan
                        seluruh keluarga/Selalu berbuat baik kepada orang/agar
                        kita selalu menerima kebaikan//Terletak di daun ujung/Di
                        atas tampi berbingkai rotan/Setiap tingkah laku sudah
                        berujung/Sejak saat ini hati-hati kamu
                        berperilaku//Kerbau bertanduk sehasta/Bahkan bertenaga
                        kuat/ Kamu mesti berbaik budi/Begitu juga
                        berperilaku.Upacara adat Mangupa, berdasarkan hasil
                        penelitian Bahril Hidayat (2004), juga memiliki dampak
                        atau pengaruh penting bagi kematangan psikologis pada
                        pasangan pernikahan atau pengantin. Hasil penelitian
                        menunjukkan bahwa tradisi upacara adat Mangupa yang
                        diberikan kepada pasangan pernikahan pemula Tapanuli
                        Selatan memiliki pengaruh dalam memotivasi mereka agar
                        menjadi pribadi yang matang dan mampu bersosialisasi
                        dengan baik di masyarakat. Kematangan tersebut merupakan
                        potensi psikologis yang dibutuhkan untuk mencapai
                        keberhasilan menjalin hubungan baik dengan orang lain.8.
                        Pantangan dan LaranganUnsur Dalihan na Tolu tidak
                          terpenuhi atau tidak hadir dalam acara adat
                          Mangupa.Tidak ada Harajaon yang hadir dalam upacara
                          Mangupa.Upacara Mangupa sebaiknya tidak dilaksanakan
                          setelah tengah hari (setelah jam 1 siang).Bahan atau
                          hewan penting pangupa tidak terpenuhi. Untuk
                          melaksanakan Mangupa, minimal bahan dasar sebutir
                          telur yang direbus harus dipenuhi. Jika tidak ada
                          telur rebus tersebut di antara bahan makanan lainnya
                          (perangkat pangupa), maka Mangupa tidak boleh
                          dilaksanakan.9. PenutupPelaksanaan upacara adat Mangupa
                        Patobang Anak atau Haroan Boru dilaksanakan pada saat
                        melaksanakan horja atau pesta perayaan pernikahan anak
                        laki-laki. Pelaksanaan upacara adat Mangupa yang
                        bertujuan untuk mengembalikan tondi ke badan sekaligus
                        mengandung ungkapan-ungkapan metafora yang bermakna doa,
                        harapan, dan nasehat terutama kepada pasangan
                        pernikahan. Semua tata laksana upacara itu dilaksanakan
                        sebagai bentuk rasa syukur karena pihak keluarga
                        laki-laki memperoleh menantu perempuan yang akan
                        menemani anak laki-lakinya tersebut. Harapannya, sejak
                        pernikahan hingga masa tua, pasangan pernikahan itu siap
                        menghadapi kesempitan dan kesusahan, dan berbahagia di
                        dalam kelapangan yang Tuhan ujikan kepada mereka.
                        Ketangguhan dalam mengarungi bahtera rumah tangga
                        tersebut merupakan bukti nyata dari pemanggilan tondi ke
                        badan mereka melalui prosesi upacara adat Mangupa atau
                        Upa-Upa Patobang Anak (Haroan Boru).ReferensiL.S.
                          Diapari, 1990. Adat-istiadat perkawinan dalam
                          masyarakat Batak Tapanuli Selatan. Jakarta: Penerbit
                          Penulis.Bahril Hidayat, 2004. Tema-tema Psikologis
                          dalam tradisi Mangupa pada pasangan pernikahan pemula
                          dalam masyarakat perantau Tapanuli Selatan di
                          Pekanbaru. Yogyakarta: Program Studi Psikologi FPSB
                          UII.Koentjaranigrat, 2002, Manusia dan kebudayaan di
                          Indonesia, Jakarta: Penerbit Djambatan.Elfitriana
                          Kaspy Lubis, 1988. Tradisi Mangupa dalam masyarakat
                          suku Batak Angkola Mandailing, skripsi (tidak
                          diterbitkan), Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu
                          Pendidikan Universitas Riau.Marpaung<!--[if
                          !vml]--><!--[endif]--> Marakub, 1969. Djop ni Roha
                          Pardomuan (Paradaton Tapanuli Selatan) Padang
                          Sidempuan: Pustaka Timur.Persadaan Marga Harahap Dohot
                          Boruna, 1993. Horja: adat-istiadat Dalihan Na Tolu,
                          musyawarah adat Persadaan Marga Harahap Dohot Anak
                          Boruna di Padang Sidempuan 26-27 Desember 1991,
                          Bandung: PT. Grafiti.Sumber InternetPemkab Tapanuli
                          Selatan, 2010. Profil Daerah Situs Resmi Daerah
                          Kabupaten Tapanuli Selatan [Online] Tersedia di
                          http://www.tapselkab.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Fish